Flight Instrument: Pengertian dan Cara Kerja Turn and Bank Indicator
Turn and bank indicator adalah salah satu instrumen penting yang terdapat di kokpit pesawat terbang. Instrumen ini berfungsi untuk menunjukkan arah belok pesawat dan kemiringan pesawat.
Cara Kerja Turn and Bank Indicator
Turn and bank indicator bekerja dengan menggunakan dua sensor, yaitu sensor giroskop dan sensor akselerometer. Sensor giroskop mengukur rotasi pesawat, sedangkan sensor akselerometer mengukur kemiringan pesawat.
Jarum penunjuk turn and bank indicator akan menunjukkan arah belok pesawat dan kemiringan pesawat pada skala yang terdapat di instrumen. Skala ini biasanya diukur dalam derajat.
Pentingnya Turn and Bank Indicator
Turn and bank indicator adalah instrumen yang sangat penting bagi pilot untuk mengemudikan pesawat dengan aman. Instrumen ini dapat membantu pilot untuk melakukan hal-hal berikut:
- Menentukan arah belok pesawat
- Menjaga pesawat tetap stabil
- Mendeteksi potensi masalah dengan pesawat
Jenis-Jenis Turn and Bank Indicator
Ada dua jenis turn and bank indicator, yaitu turn coordinator dan turn-and-slip indicator.
- Turn coordinator
Turn coordinator adalah jenis turn and bank indicator yang paling umum digunakan. Turn coordinator menggunakan sensor gyroskop untuk mengukur rotasi pesawat.
- Turn-and-slip indicator
Turn-and-slip indicator adalah jenis turn and bank indicator yang menggunakan sensor akselerometer untuk mengukur kemiringan pesawat. Turn-and-slip indicator juga memiliki indikator slip, yang menunjukkan apakah pesawat sedang berputar atau meluncur.
Cara Membaca Turn and Bank Indicator
Berikut adalah beberapa cara untuk membaca turn and bank indicator:
- Perhatikan jarum penunjuk arah belok. Jarum penunjuk arah belok akan menunjukkan arah belok pesawat.
- Perhatikan jarum penunjuk kemiringan. Jarum penunjuk kemiringan akan menunjukkan kemiringan pesawat.
- Perhatikan indikator slip. Indikator slip akan menunjukkan apakah pesawat sedang berputar atau meluncur.
Error dan Problem Solving Turn and Bank Indicator
Turn and bank indicator adalah instrumen penting yang harus dipahami oleh seorang pilot. Namun, seperti instrumen lainnya pada pesawat terbang, turn and bank indicator juga bisa mengalami yang namanya error.
Jenis-Jenis Error Turn and Bank Indicator
Ada beberapa jenis error turn and bank indicator, yaitu:
- Error kalibrasi
Error kalibrasi adalah error yang disebabkan oleh penyetelan yang tidak benar pada turn and bank indicator. Error kalibrasi dapat terjadi karena kesalahan manusia atau karena kerusakan pada instrumen.
- Error sensor
Error sensor adalah error yang disebabkan oleh kerusakan pada sensor giroskop atau sensor akselerometer. Error sensor dapat terjadi karena benturan atau karena usia pemakaian.
- Error elektrik
Error elektrik adalah error yang disebabkan oleh kerusakan pada sistem elektrik turn and bank indicator. Error elektrik dapat terjadi karena korsleting atau karena kerusakan pada komponen listrik lainnya.
Problem Solving Error Turn and Bank Indicator
Jika Anda menemukan error pada turn and bank indicator, berikut adalah beberapa tips untuk mengatasinya:
- Periksa kalibrasi
Periksa apakah kalibrasi turn and bank indicator sudah benar. Jika belum, lakukan kalibrasi ulang sesuai dengan petunjuk pabrik.
- Periksa sensor
Jika kalibrasi sudah benar, periksa kondisi sensor giroskop dan sensor akselerometer. Jika ada kerusakan, ganti sensor tersebut.
- Periksa sistem elektrik
Jika sensor dalam kondisi baik, periksa sistem elektrik turn and bank indicator. Jika ada kerusakan, perbaiki atau ganti komponen yang rusak.
Tips untuk Mencegah Error Turn and Bank Indicator
Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah error turn and bank indicator:
- Lakukan kalibrasi secara berkala
Lakukan kalibrasi turn and bank indicator secara berkala sesuai dengan petunjuk pabrik.
- Periksa kondisi sensor secara berkala
Periksa kondisi sensor giroskop dan sensor akselerometer secara berkala. Jika ada kerusakan, segera ganti sensor tersebut.
- Periksa sistem elektrik secara berkala
Periksa sistem elektrik turn and bank indicator secara berkala. Jika ada kerusakan, segera perbaiki atau ganti komponen yang rusak.
Dengan memahami error dan problem solving turn and bank indicator, Anda dapat memastikan bahwa turn and bank indicator berfungsi dengan baik dan dapat memberikan informasi yang akurat kepada pilot.
Kesimpulan
Turn and bank indicator adalah instrumen penting yang harus dipahami oleh pilot. Dengan memahami cara kerja dan membaca turn and bank indicator dengan benar, pilot dapat mengemudikan pesawat dengan aman.
Posting Komentar untuk "Flight Instrument: Pengertian dan Cara Kerja Turn and Bank Indicator"